Legowo & Partners

DPR : Peradi Bukan Organisasi Tunggal

In Uncategorized on Maret 22, 2011 at 5:35 pm

TEMPO Interaktif, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat menilai Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) bukan lah organisasi tunggal. Advokat bebas membentuk organisasi dalam meningkatkan profesionalisme demi memenuhi rasa keadilan masyarakat.

“Pendapat bahwa Peradi bersifat tunggal itu keliru,” kata Nudirman Munir, anggota Komisi III DPR di Mahkamah Konstitusi, siang ini.

Nurdirman bersaksi dalam sidang gugatan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang advokat. Undang-undang ini digugat Abraham Anos, seorang pengacara.

Abdraham mengajukan uji materi terhadap aturan itu karena mengatur wadah tunggal advokat. Ia menganggap keabsahannya perlu diuji karena memicu konflik kalangan advokat.

Konflik itu terjadi antara Peradi dengan Kongres Advokat Indonesia (KAI). Kedua organisasi ini berbenturan setelah Mahkamah Agung mengeluarkan putusan yang hanya mengakui Peradi sebagai organisasi advokat.

Nudirman mengatakan Mahkamah Agung tidak berwenang mengeluarkan putusan terhadap materi undang-undang tersebut. Pihak yang berwenang adalah legislatif sebagai pembuat undang-undang.

Karenanya politisi Golkar itu menganggap konflik antara Peradi dan KAI sepatutnya tidak terjadi. Sebab, itu hanya perbedaan pendapat tentang penerapan undang-undang. “Saya tegaskan undang-undang itu tidak menentukan wadah tunggal adalah Peradi,” kata dia.

TRI SUHARMAN

sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2011/03/08/brk,20110308-318425,id.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: