Legowo & Partners

Ternyata MA siap untuk melantik Calon Advokat KAI

In Uncategorized on November 25, 2008 at 8:14 am

erita terbaru yang saya dapat dari MEDIASI ONLINE bahwa MA dan Jajarannya Siap untuk Melantik Calon Advokat KAI. Berikut berita lengkapnya yang diambil dari http://www.mediasionline.com/readnews.php?id=419&menu=Hukum&kategori=Hukum

Ketua Mahkamah Agung Prof Dr Bagir Manan menyatakan siap mengangkat sumpah para calon advokat yang telah lulus mengikuti ujian di Kongres Advokat Indonesia (KAI). Bagir beralasan kesiapannya itu karena perintah Undang-undang yang tidak bisa ditawar-tawar. Bagir juga menghimbau kepada seluruh jajaran Mahkamah Agung baik di Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri tidak mempermasalahkan kartu advokat yang dikeluarkan oleh KAI.

Seluruh advokat tetap dapat beracara di Pengadilan,” tegas Bagir Manan saat mengundang buka puasa bersama KAI di gedung MA jalan Merdeka Utara, selasa (23/9).

Pernyataan Bagir Manan ini berarti kartu advokat yang dikeluarkan oleh KAI adalah kartu resmi untuk praktek beracara di pengadilan. Karena menurutnya berdasarkan Undang-undang, yang mengeluarkan kartu advokat adalah organisasi advokat. dan Mahkamah Agung tidak mencampuri dan tetap independen terhadap organisasi advokat.

Bagir Manan juga menyatakan, kalau ada orang yang bingung dalam menafsirkan advokat setelah membaca informasi di media massa, maka Bagir menyarankan agar membaca undang-undang advokat.

Sementara itu Presiden KAI Indra Sahnun Lubis melaporkan bahwa yang mengikuti ujian calon advokat yang diselenggarakan oleh KAI beberapa waktu lalu berjumlah 5.000 orang. Indra juga menyatakan KAI akan melaksanakan ujian advokat yang akan dilaporkan ke Mahkamah Agung setiap tahun.

Dalam pertemuan itu Indra Sahnun juga menyatakan dengan tegas, mendukung Rancangan Undang-undang yang sedang dibahas oleh Komisi III DPR bahwa usia pensiun hakim agung menjadi 70 tahun. Bahkan tak hanya 70 tahun tapi sampai 75 tahun.

Ia beralasan di Amerika, Hakim Agung dapat menjabat sampai seumur hidup. Selain itu juga ia beralasan makin tua orang cara berfikirnya makin matang, karena tidak mempunyai kepentingan apa-apa dan hanya menunggu panggilan Tuhan. ”Jadi orang makin tua makin terus berbuat kebaikan dan cenderung makin arif dan adil dalam memutuskan sesuatu,” ujar Indra beralasan.

KAI juga mendesak DPR untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-undang itu, paling lambat bulan oktober untuk diundangkan.

Dalam kesempatan itu, Katua Mahkamah Agung Bagir Manan didampingi oleh Wakil Ketua MA, sejumlah Ketua Muda dan lain-lain. Sedangkan dari KAI yang hadir Indra Sahnun Lubis, Roberto Hasibuan, Tommy Sihotang, Abadi Darmo, Abdul Rahim Hasibuan dan lain-lain.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: